10 MUSEUM YANG UNIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI DI BANGKOK

10 MUSEUM YANG UNIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI DI BANGKOK

 

Layaknya kota di negara lainnya, Kota Bangkok juga memiliki banyak museum yang menyimpan barang-barang sejarah, koleksi peninggalan maupun barang-barang seni yang antik. Namun di antara semua museum di Thailand, ada juga beberapa museum yang unik dan menyimpan barang-barang koleksi yang tidak umum atau bahkan hanya dapat dijumpai di kota Bangkok ini saja. Tentunya CoralTravellers pasti penasaran museum apa aja yah yang menarik di Bangkok? Kalau berkunjung ke Bangkok, pastikan CoralTravellers meluangkan waktu untuk berkunjung ke museum ini yah..

 

  1. Museum lilin Madame Tussaud Bangkok

Terletak di Lt. 6 Siam Discovery Center , di daerah Siam , Madame Tussauds Bangkok menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi. Apabila CoralTravellers mau merasakan pengalaman berfoto dengan replika artis dunia idola Anda, atau berfoto dengan para kepala negara termasuk Bapak Presiden kita Bapak Soekarno ataupun tokoh terkenal dunia lainnya, Coral Travellers bisa mengunjungi Madame Tussaud Bangkok. Meskipun hanya replika, namun patung di museum ini benar-benar dibuat dengan tingkat kemiripan yang nyaris sempurna dengan manusia aslinya.

Waktu buka : Setiap hari (10.00 – 21.00) Bisa berubah sesuai hari raya.

Transportasi : Turun di BTS Siam, jalan kaki 5 menit tiba di Siam Discovery

Tiket masuk : 850 Baht

  1. Art In Paradise/3D Art Gallery

Setelah sukses buka di Pattaya, sekarang Art In Paradise buka di Lantai 4 Esplanade Shopping Mall di Ratchada Bangkok. Di sini CoralTravellers bisa mengeksplorasi kekreatifan dan nilai seni dengan menciptakan pose-pose unik berfoto dengan lukisan-lukisan 3D dan sculpture memukau. Dijamin CoralTravellers akan takjub dengan hasilnya yang seakan menipu mata Anda. Wah, museum yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu-waktu lucu bersama pasangan, teman dan keluarga. Museum yang serupa juga dibuka di Lantai 7 MBK Center dengan nama berbeda yaitu Magic Art Museum.

Waktu buka : Setiap hari (10.00 – 22.00)

Transportasi : Turun di MRT depan Esplanade Mall

Tiket masuk : 300 Baht

 

  1. Batcat Toy Museum

Museum ini cukup unik karena Coral Travellers bisa menemukan puluhan ribu koleksi super hero dunia, dari Batman, Spiderman, Ultraman, Captain Amerika, Ironman, star wars dan lainnya. Dari patung, mainan, kostum, buku, permainan papan hingga aksesoris konyol bertema super hero itu dapat CoralTravellers temukan di sini. Jadi bagi Anda atau anak Anda yang menyukai superhero, tentu museum Batcat Toy ini akan menjadi surga bagi Anda.

Waktu Buka : Senin-Jumat (10.00-17.00), Sabtu-Minggu (09.00-20.00)

Lokasi : 32 Srinakarin Road. Huamark, Bangkapi

Tiket masuk : Dewasa 250 Baht, Anak-anak 150 Baht

  1. Bangkok National Museum

Seperti museum nasional pada umumnya, Museum Nasional Bangkok yang berlokasi di Jalan Na Phrothat dekat Grand Palace, menyimpan koleksi terbesar seni dan artefak bersejarah di negara ini. Dari koleksi arkeologi dari zaman prasejarah, barang bersejarah dari zaman Sukothai, Ayutthaya hingga Kerajaan Modern Thai. Selain itu seni dekoratif dan koleksi etnologis seperti senjata Cina, harta emas, batu mulia, masker Khon, boneka, keramik, pakaian, ukiran kayu dan alat musik tradisional dari seluruh Asia Tenggara juga dipamerkan di sini.

Waktu Buka : Rabu-Minggu (09.00-16.00)

Transportasi : Taxi atau Chaophraya boat turun di dermaga Maharaj dilanjut jalan kaki.

  1. Bangkok Correction Museum

Bagi CoralTravellers yang suka hal-hal yang berbau unik atau lebih tepatnya seram, Anda boleh mengunjungi tempat yang Coral rekomendasikan ini. Museum yang dulunya berfungsi sebagai penjara ini menyimpan berbagai macam alat yang digunakan untuk menyiksa para tahanan zaman dahulu. Berbagai replika adegan penyiksaan sadis pun ditampilkan di museum ini. Dengan harga tiket masuk sukarela, berani mengunjungi museum ini CoralTravellers?

Waktu Buka : Senin-Jumat (09.00-16.00)

Transportasi : Taxi turun di Romaninart Park, Jalan Maha Chai

 

  1. Museum Forensic Bangkok

Jika CoralTravellers bosan akan museum yang hanya menyimpan barang seni atau barang antik, mungkin Museum Forensic ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Terletak di dalam RS Siriraj, museum ini menyimpan berbagai jenis jasad bayi yang memiliki kelainan yang sengaja diawetkan untuk tujuan pengetahuan medis. Selain itu, jasad manusia dengan berbagai penyakit aneh, korban kecelakaan, pembunuhan, ataupun potongan tubuh, tengkorak maupun organ dalam juga dipamerkan di museum ini. Hiii.. Meski harga tiketnya hanya 40 Baht, kalau CoralTravellers adalah orang yang bisa mual melihat hal seperti itu, tidak disarankan untuk ke sini lhoo…

Waktu Buka: Senin-Sabtu (Jam 09.00-16.00)

Transportasi : Taxi, Tuk-tuk, Bisa juga dengan perahu yang berangkat dari dermaga Chang atau Prajan dekat Grand Palace, hanya menyeberang ke pelabuhan Pranok (harga sekitar 3 Baht).

 

  1. The Human Body Museum

Bagaimana rasanya kalau CoralTravellers dikelilingi oleh tubuh-tubuh manusia yang mati? Lebih mengerikannya lagi tubuh-tubuh tersebut telah dikuliti, dipotong atau diiris dengan tingkatan berbeda untuk menampilkan otot, sistem saraf, organ dan tulang. Wah, Speechless kayaknya yah..

Itulah yang dipamerkan di The Human Body Museum yang berlokasi di lantai 9 Gedung Fakultas Kedokteran Gigi dari Universitas Chulalongkom. Tentunya setelah dari museum ini, pasti CoralTravellers akan takjub akan kompleksitas tubuh manusia ciptaan Tuhan dan semakin mencintai tubuh kita tentunya.

Waktu Buka: Selasa-Minggu (Jam 09.00-16.00) Senin tutup

Transportasi : Turun di BTS Siam, masuk dari belakang Siam Square

Tiket masuk : Sekitar 300 Baht

 

  1. Jim Thompson House and Museum

Bangunan yang dikelilingi pepohonan yang rindang menciptakan suasana tenang dan damai. Lampu gantung Belgia menghiasi langit-langit, lantai yang ditutupi marmer Italia dan aksen kayu lokal di dinding merupakan paduan desain arsitektur Timur dan Barat yang harmonis. Tempat ini dulunya adalah kediaman Jim Thompson, pengusaha sutra yang hobi mengoleksi barang seni dan antik dari seluruh dunia. Di sini CoralTravellers bisa menikmati seluruh koleksi barang seni, barang antik dari seluruh penjuru dunia maupun industri sutra miliknya dulu.

Waktu Buka : Setiap hari (Jam 09.00 – 17.00)

Transportasi : BTS Stasiun Stadion Nasional, Exit No. 1. Belok kanan ke Soi Kasemsan 2 dan jalan lurus hingga akhir jalan, museum ini ada di kiri Anda.

 

  1. The House of Museums

Museum ini menyimpan semua koleksi pribadi dari semua benda-benda keseharian yang digunakan zaman tahun 1960-an. Apabila Coral Travellers pernah merasakan hidup di era ini, semua objek pada museum ini pasti akan membawa kembali kenangan nostalgia. Dari obat farmasi tua, toko elektronik dengan set besar tv kuno, ponsel jadul, ruang kelas dan bahkan bioskop mini. Pameran favorit di sini adalah kabinet antik dokter gigi dengan kursi dan alat-alatnya yang digunakan pada saat itu, disertai dengan tulisan Thai di dinding, “Ini tidak akan sakit sedikit, percayalah, aku dokter gigi”.

Waktu Buka : Sabtu dan Minggu (Jam 10.00 – 17.00)

Lokasi : Khlong Pho Land, 170/17 Moo 7, Soi 2, Khlong Pho Rd., Sala Thammasop, Thung Kru

  1. Jesada Technik Museum

Koleksi mobil langka vintage dan sepeda motor kuno yang terletak di Nakorn Pathom, berjarak lima puluh kilometer dari Bangkok . Museum ini diciptakan oleh seorang pengusaha Thailand yang sukses bernama Jesada Deshsakulrith. Ketertarikannya dalam sejarah otomotif membuatnya mengumpulkan lebih dari 500 kendaraan, yang sebagian besar berada dalam kondisi sempurna. Anda bisa menemukan mobil Amerika tua zaman 50-an, Nash, atau merk lain seperti DKW Framo, Tempohanseat, Lambretta ,Reliant, Solyto, Bajaj dan Daihatsu. Mungkin saja Anda atau ayah Anda pernah mengendarai tipe mobil yang dipamerkan. Penulis : Coral Tour www.WisataTermurah.comSumber : Berbagai sumber Tourism of Thailand

 

Leave a Reply